FLASHBACK :NYANYIAN SPIRITUAL AREMANIA

FLASHBACK :NYANYIAN SPIRITUAL AREMANIA

Rabu, 08 April 2020, 16.04

Yuli Sumpil Sang Dirigen Aremania yang selalu menyihir Stadion Kanajuruhan dengan lagu - lagu 
yang mampu meruntuhkan mental lawan

NYANYIAN SPIRITUAL AREMANIA

Oleh Alim Mustofa 

Malang - Arema dan Aremania adalah ibarat uang koin, satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Di mana ada Arema di situ pasti ada Aremania, hingga semboyan Aremania tidak kemana-mana tetapi ada dimana-mana adalah sesuatu yang sangat pantas dan lazim untuk sebutan supporter fanatik  kesebelasan Arema Indonesia sebuah club sepak bola kebanggaan warga kota dingin Malang.

Sikap fanatik yang luar biasa yang ditunjukan supporter terhadap sebuah tim sepak bola  seperti AREMA. Sudah banyak cerita yang ditulis atau diungkap oleh banyak pihak tentang kefanatikan Aremania terhadap tim kesayangannya. Cerita suka maupun cerita duka kerap mewarnai perjalanan fanatisme aremania dalam mendukung setiap pertandingan Arema Indonesia baik dalam laga kandang mapun tandang.  Berbagai atribut khas Arema diselalu dibawa oleh supporter Singo Edan sebutan Arema Indonesia.

Suporter bisa menjadi penyemangat sebuah tim sepak bola, bahkan kehadiran ribuan supporter di stadion saat timnya bertanding bisa membakar semangat tanding sebuah tim sekaligus bisa menjatuhkan mental tanding lawan. Lewat lagu, Aremania menyanyi sepanjang pertandingan, dengan gerak  dan alunan drum seluruh aremania menyajikan atraksi yang memukau.

Ada interaksi psikologi antara supporter dengan tim yang didukung, lagu-lagu yang dinyanyikan supporter seperti aremania mampu memberikan kritik secara langsung pada pemain ketika mereka bermain buruk. Sebagai contoh ketika tim Arema bermain lamban, secara terorganisir oleh sang dirigen aremania menyanyikan lagu “Arema singo edan jangan Kendo, Aremania singo edan jangan loyo kalau Arema loyo, kalau arema kendo bukan singa tapi putri solo“. Ternyata apa yang dilakukan Aremania lewat lagu sindiran tersebut  ternyata mampu memberikan efek psikologi dan membangkitkan semangat tanding pemain. Pemain terpacu untuk bermain lebih bagus dan lebih bersemangat untuk memenangkan pertandingan.

Ada lagu khas aremania yang tujuanya adalah mengajak atau mendorong pemain untuk memenangkan setiap pertandingan, sebagai contoh “ Ayo… ayo Arema…. Sore ini kita harus menang……”. Di iringi tabuhan bas dram khas aremania dikolaborasi vocal ribuan aremania lagu tersebut serasa memberikan suntikan moral dan memotivasi semangat tempur Tim Arema sekaligus membuat merinding tim lawan. Di teruskan lagu “ satukan tekadmu ….kobarkan semangatmu Aremania selalu mendukungmu…!

Lagu-lagu yang dinyanyikan Aremania  diakui oleh pelatih maupun pemain mampu membangkitkan dorongan spirit  tim  terpacu semangat tandingya. Sehingga keberadaan supporter oleh banyak kalangan disebut  sebagai pemain ketiga belas, karena keberadaan dukungan supporter saat bertanding cukup efektif untuk memberikan tekanan terhadap mental lawan. Lagu-lagu yang dinyanyikan supporter terutama Aremania adalah lagu pembawa pesan spiritual terhadap tim arema agar setiap laga memiliki semangat tempur yang pantang menyerah. Mereka berharap singa-singa muda Arema memiliki mental tanding yang tangguh dan ditakuti lawan.

editor : Alim Mustofa




TerPopuler